Selain asuransi kesehatan dan jiwa, seorang pekerja (terutama jika ia adalah sumber utama pendapatan keluarga) perlu secara khusus memiliki produk asuransi yang melindungi dirinya dari resiko yang dihadapinya, terutama di tempat kerja.

Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki pekerjaan beresiko tinggi, sangat disarankan untuk membuat asuransi kecelakaan, agar pekerjaan menjadi lebih aman. Ada banyak profesi yang rentan terhadap resiko kecelakaan diri yang perlu diantisipasi, terutama bagi pekerja lapangan atau yang bekerja di industri manufaktur.

Sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan bahwa setiap proyek atau pekerjaan dalam suatu industri harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja sehingga baik individu maupun perusahaan wajib melindungi karyawannya dengan perlindungan asuransi kecelakaan diri.

Apa Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri?

  1. Memberikan rasa aman bagi tertanggung dan keluarganya dari sisi finansial

Bekerja dengan nyaman dan merasa terlindungi tentunya dapat meningkatkan produktivitas kerja. Apalagi nama kecelakaan itu tidak ada yang tahu. Bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi dan tentunya dengan biaya yang tidak terduga.

Perlindungan kecelakaan diri bersifat menyeluruh mulai dari kecelakaan ringan hingga fatal yang mengakibatkan tertanggung meninggal dunia. Hal ini penting mengingat pekerja biasanya merupakan tulang punggung keluarga, sehingga resiko apapun yang terjadi mengganggu pendapatan keluarga. Rasa nyaman ini dapat diberikan oleh asuransi kecelakaan diri.

  1. Meringankan Biaya Medis Agar Tidak Semakin Menderita Saat Tertimpa Bencana

Segala resiko terhadap kesehatan, terutama dalam kasus kecelakaan diri, sangat mahal. Kita tidak pernah bisa memprediksi atau membuat anggaran untuk suatu resiko kecelakaan karena tidak pernah bisa diprediksi sebelumnya. Untuk kondisi seperti ini asuransi kecelakaan diri merupakan solusi terbaik yang dapat meringankan saat terjadi bencana.

 

  1. Dapat digunakan sebagai Jaminan Hari Tua

Prinsip asuransi jika digunakan jangka panjang seperti tabungan atau tabungan. Anda semakin percaya diri dan nyaman dalam membuat rencana keuangan keluarga untuk masa depan karena asuransi kecelakaan diri menjamin bahkan memberikan santunan atas segala resiko kecelakaan yang terjadi. Kenyamanan seperti ini dapat membuat masa depan dan hari tua lebih terjamin dan terencana dengan baik.

  1. Perlindungan bagi keluarga apabila terjadi resiko terhadap jiwa tertanggung

Kecelakaan kerja bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Jika hal ini terjadi, otomatis keluarga Anda akan terkena imbasnya karena terhentinya pendapatan kepala keluarga.

Jika Anda memiliki asuransi kecelakaan diri, maka penghasilan tertanggung yang terkena musibah yang mengakibatkan penghasilan terhenti akan diganti dengan asuransi berupa santunan bulanan dalam jangka waktu tertentu sebagaimana tercantum dalam polis.

Kapan Asuransi Kecelakaan Diri Dibutuhkan?

Bagi pekerja yang memiliki profesi beresiko seperti ulasan di atas, perlindungan asuransi kecelakaan diri sangat dibutuhkan saat mulai bekerja. Sebuah perusahaan bonafide biasanya secara otomatis menggabungkan pekerjaan mereka dengan program asuransi.

Jika belum, ada baiknya Anda sendiri yang mengikuti program asuransi. Biaya preminya tidak seberapa dibandingkan dengan resiko yang akan Anda hadapi nantinya, baik Anda masih lajang, apalagi jika Anda sudah berkeluarga.

Resiko yang Dijamin oleh Asuransi Kecelakaan Diri

Sejumlah resiko yang dapat menimpa pekerja/karyawan selama menjalankan profesinya. Inilah sebabnya mengapa asuransi kecelakaan diri ada. Untuk memperjelas tentang asuransi kecelakaan diri, ada beberapa resiko yang perlu diketahui oleh pekerja/karyawan yang ingin mengambil asuransi kecelakaan diri.

Risiko berikut ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri dan tercantum dalam polis asuransi.

 

Resiko kematian atau cacat tetap akibat kecelakaan, termasuk keracunan karena menghirup gas atau uap beracun, terpapar virus atau kuman, dan mati lemas atau tenggelam.

Resiko kematian atau cacat tetap yang disebabkan oleh masuknya virus atau kuman ke dalam luka tertanggung dan komplikasi atau memburuknya penyakit akibat kecelakaan yang ditanggung oleh polis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *