Kesehatan keluarga merupakan prioritas bagi semua orang, termasuk sang anak. Dalam menjaga kesehatan anak tentu banyak faktor, salah satunya memilih air mineral yang bagus.

Dalam menjaga kesehatan badan tetap prima tentu memilih air mineral yang baik menjadi pilihan yang penting. Anak sendiri memiliki organ tubuh dan kebutuhan yang berbeda juga dibandingkan pria atau wanita dewasa [1].

Sejatinya anak justru lebih mudah mengalami dehidrasi, maka dari itu diperlukan asupan air mineral yang sesuai dengan rekomendasi para ahli, seperti dokter hingga ahli geologi.

Langkah-langkah yang penting untuk disimak adalah memilih air kemasan serta manfaat yang dibutuhkan oleh anak-anak.

Fungsi Air Mineral Bagi Anak

Air mineral memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anak, apalagi di masa yang terus tumbuh dan memiliki rasa ingin tahu yang banyak terhadap berbagai hal. Meskipun demikian, tidak semua air memiliki kualitas air yang sama.

Dalam menentukan kualitas air yang baik perlu memahami fungsi utamanya karena lebih dari sekadar menjaga dari haus. Faktanya, air mineral yang baik bagi anak dapat memberikan banyak manfaat lain seperti kesehatan tulang dan gigi [2].

Kesehatan tubuh dan organ dipengaruhi oleh kebutuhan yang tinggi atas kualitas gizi yang didapat, air mineral yang sehat akan membawa manfaat lain seperti kalsium untuk tulang dan gigi.

Ada juga kandungan mineral lain yang bisa didapatkan dari air mineral, namun semua kandungan ini hanya bisa didapatkan pada air mineral berkualitas seperti yang bersumber dari air pegunungan [3].

Fungsi air mineral yang baik bagi anak akan membuatnya semakin riang dan lincah mengarungi petualangan di usia yang terus berkembang. Tentu menjaga kesehatannya dengan air mineral yang baik kian penting sekaligus menghindari dehidrasi berlebih kepada anak.

Dampak Dehidrasi Bagi Anak

Dehidrasi sendiri merupakan kondisi tubuh yang tidak mendapatkan asupan air yang cukup. Sejatinya, tubuh manusia memang didominasi oleh air baik dari aliran darah, organ tubuh seperti jantung dan paru-paru, serta organ pembuangan.

Tidak heran bila dehidrasi akan menyebabkan beberapa gejala, tentu tidak hanya berdampak pada orang dewasa namun juga berpotensi kepada anak-anak [1].

Dalam menjaga kesehatan biasanya mengonsumsi air secara rutin akan menanggulangi efek dehidrasi, namun apakah hal itu sudah lebih dari cukup? Berapa anjuran air minum yang diperlukan oleh seorang anak?

Pada anak-anak di umur 4-6 tahun dapat mengonsumsi air di angka 1 sampai 1,5 liter setiap harinya. Kebutuhan ini juga menyesuaikan dengan aktivitas yang dilalui sang anak. Dilansir CHOC, umur anak baru bisa mengonsumsi 2 liter setiap hari di umur 7-8 tahun [1].

Dengan menjaga kesehatan dan asupan sesuai takaran yang dianjurkan, maka anak-anak bisa melalui kebutuhannya tanpa khawatir akan dehidrasi.

Air Mineral Bantu Tumbuh Kembang

Anak-anak sejatinya memiliki kebutuhan pada air minum yang sangat penting, apalagi dengan otak sebagai pusat kecerdasan anak. Setidaknya 75 persen komposisi otak terdiri dari air, maka tidak heran bila anak memerlukan asupan yang penting [3].

Untuk anak-anak sendiri susu dan air mineral merupakan dua pilihan minuman yang paling penting. Sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dengan gula yang berlebih karena dapat menjadi penyebab obesitas untuk anak kecil.

Bila sudah kian tumbuh, anak-anak juga bisa mengonsumsi jus dari buah. Namun air mineral masih menjadi faktor utama untuk menjaga tumbuh kembang anak tetap optimal [3].

Perkembangan anak di usia kecil menjadi fase yang paling penting untuk menjaga kesehatannya, tentu disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Apalagi banyak sumber air mineral yang berbeda-beda, jadi memilih air mineral yang baik menjadi peran orang tua untuk menjaga anak tetap sehat.

Memilih Air Mineral yang Baik

Ketika hendak mengonsumsi air mineral, maka banyak pilihan yang tersedia. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan untuk keluarga secara keseluruhan. Air mineral yang baik sendiri harus mengutamakan beberapa hal, seperti kejernihannya.

Namun kejernihan saja belum cukup, jadi peran orang tua yang penting adalah menentukan air mineral yang baik untuk anak dan keluarga [2].

Air mineral yang baik harus memenuhi beberapa hal, yaitu tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung mikroorganisme, dan tidak berwarna. Meskipun demikian, air yang sudah memenuhi syarat tersebut juga tidak memiliki kandungan yang dibutuhkan.

Meski memang sumber air minum bisa didapatkan dari mana saja, namun air mineral yang bermanfaat dan baik biasanya diambil langsung dari sumber-sumber yang minim polutan seperti daerah pegunungan [4].

Daerah-daerah pegunungan dipilih karena tidak terkandung banyak limbah industri maupun rumah tangga. Dengan kata lain, air yang diproduksi masih aman dan higienis serta sudah melalui proses penyaringan alami dari bebatuan alam dan pegunungan.

AQUA secara konsisten membawa kemurnian air pegunungan hingga ke tangan konsumen. Sudah melalui beberapa tahap dan seleksi dari para ahli geologi dan geohidrologi [4].

Terlebih menjawab keluhan tentang susahnya anak diajak untuk minum air, AQUA membawa solusi dengan menyediakan kemasan khusus dengan berbagai karakter yang menarik dan seru, sehingga anak mudah diajak untuk minum air putih.

Mulai kejernihan dan kesehatan keluarga dengan kemurnian serta manfaat air mineral terbaik dari AQUA.

Referensi:

  1. https://www.choc.org/programs-services/urology/how-much-water-should-my-child-drink/
    2. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/hydration/hydration-for-children.html
    3. https://id.theasianparent.com/fungsi-air-mineral
    4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *