Mendengar nama kelelawar, hal pertama yang terlintas di pikiran kita pasti hewan bersayap yang aktif pada malam hari. Penampilan mamalia terbang ini sangat jauh dari kesan lucu atau imut. Itulah sebabnya kelelawar kurang cocok dijadikan hewan peliharaan.

Namun, gambaran tentang kelelawar yang menyeramkan mungkin tidak berlaku bagi kelelawar putih Honduras. Satwa kecil yang langka ini satu famili dengan kelelawar, namun punya penampilan lebih menarik. Disebut juga dengan Caribbean White Tent Making Bat, hewan menggemaskan ini bisa traveler temukan di hutan tropis negara Amerika Tengah.

Mereka mendiami wilayah Honduras, Nikaragua, Kosta Rika dan bagian barat Panama. Ukuran tubuh kelelawar putih Honduras lebih kecil dari genusnya. Seekor kelelawar putih Honduras paling besar panjangnya tak lebih dari lima sentimeter.

Selain warnanya putih dan terlihat menggemaskan, kelelawar ini juga tidak hidup di dalam gua dan tidak menghisap darah. Kelelawar Putih Honduras dianggap kontradiksi dari stereotip kelelawar lain pada umumnya. Mereka biasanya hidup bergerombol seperti membuat tenda.

Tak heran jika kelelawar ini dijuluki Caribbean White Tent Making Bat atau Kelelawar Karibia si pembuat tenda putih. Mereka biasanya hinggap di tanaman heliconia, yang memiliki daun lebar menjulur dari bagian tengah batangnya, mirip seperti pohon pisang. Gerombolan kelelawar ini membuat daun heliconia mentiung ke samping, menciptakan tempat berteduh secara alami.

Namun sebenarnya ini adalah kamuflase yang bagus bagi makhluk ini di habitat alami mereka. Hutan Honduras terkenal dengan dedaunan putihnya, dan sinar Matahari yang masuk melalui celah pepohonan tinggi tampak memberi pantulan warna kehijauan pada bulu si kelelawar putih. Jadi, mereka semakin sulit dilihat oleh predator.

Kelelawar putih Honduras ini pun sempat viral di medsos setelah video mereka dibagikan oleh platform Instagram 9gag. Kelelawar mungil ini bukan hanya memiliki kamuflase cerdik dan sarang tersembunyi saja. Ketika batang tanaman bergerak, yang mengindikasikan predator mendekat, mereka bisa terbang dengan cepat ke pohon lain.

Hal menarik lainnya tentang kelelawar putih Honduras adalah mereka memiliki karotenoid yang menghasilkan warna kuning oranye di telinga, hidung, dan bibir mereka. Kelelawar putih Honduras adalah satu dari dua spesies kelelawar kecil yang hanya memakan buah buahan. Mereka lebih menyukai satu varietas ara dan benar benar sering bertengger dekat dengan sumber makanan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *