Ada banyak hal yang dapat menentukan keberhasilan sebuah usaha. Namun, untuk mencapai keberhasilan tersebut, pastinya Anda harus mampu menerapkan strategi bisnis yang sesuai dengan bidang usaha dan juga target pasar Anda. Untuk membantu menentukan strategi bisnis, Anda bisa menggunakan software kasir yang akan membantu Anda mengumpulkan data transaksi yang terjadi, sehingga bisa menjadi bahan analisa untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Namun, di antara sekian banyaknya hal yang dapat menentukan keberhasilan bisnis, penentuan harga jual yang tepat merupakan salah satu poin utamanya.

Apa Itu Harga Jual Produk?

Secara sederhananya, harga jual produk adalah harga yang diberikan pada penjual kepada konsumen atas sebuah unit produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya pada produk ayam goreng, maka harga akhir yang dibayarkan oleh konsumen saat membeli satu potong ayam goreng itulah yang merupakan harga jual produk.

Untuk produk yang memiliki harga tetap, maka harga itulah yang masuk ke dalam harga jual produk. Sementara untuk produk dengan harga yang masih bisa dinegosiasikan, maka harga jual akhir berdasarkan kesepakatan inilah yang masuk ke dalam harga jual produk.

Bagaimana Menentukan Harga Jual Produk?

Menentukan harga jual produk tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena berkaitan langsung dengan keberlangsungan sebuah usaha. Jangan hanya berpikir ingin meraup keuntungan sebesar besarnya hingga menerapkan harga jual jauh di atas pasar, karena akan membuat Anda sulit bersaing dengan kompetitor.

Namun, jangan juga menawarkan harga jauh di bawah harga pasar karena bisa membuat Anda tidak mendapat keuntungan. Risiko lainnya, Anda dapat terkena masalah oleh kompetitor karena dianggap merusak harga pasar.

Untuk membantu Anda menentukan harga pasar yang tepat, berikut ini adalah hal yang bisa dilakukan:

  • Menghitung total biaya produksi

Sebelum menentukan harga, tentu saja Anda harus terlebih dulu tahu berapa biaya produksi yang keluar. Biaya produksi ini sendiri terdiri dari biaya tetap seperti gaji karyawan dan juga biaya variabel seperti biaya pembelian bahan baku. Biaya produksi umum menjadi dasar untuk penentuan harga jual produk, khususnya usaha yang masih dalam skala kecil dan menengah.

Misalnya pada bisnis kuliner pembuatan kue ulang tahun, maka biaya produksinya adalah total keseluruhan biaya yang keluar untuk pembelian bahan baku dan biaya gaji karyawan (jika ada). Sementara biaya untuk listrik, gas, air, penyusutan peralatan, bisa dihitung secara pasti jika ruang produksi menggunakan peralatan dan utilitas yang berbeda dengan keperluan pribadi harian.

Dari totakl biaya tersebut, muncul total biaya produksi yang akan menjadi dasar utama dalam menentukan harga penjualan untuk produk yang dibuat tersebut. Tentunya, Anda tidak disarankan menjual produk dengan harga lebih rendah dari total biaya tersebut, kecuali jika penjualan sudah mencapai BEP.

  • Menentukan keuntungan yang ingin didapat

Dari total biaya tersebut, Anda bisa menentukan berapa persen keuntungan yang ingin didapat. Dalam penentuan ini, Anda juga bisa mempertimbangkan berbagai utilitas yang digunakan dalam produksi kue tersebut serta biaya tenaga yang Anda keluarkan. Misalnya Anda ingin mendapat keuntungan 50% dari setiap potong kue yang dijual, maka Anda hanya tinggal menghitung dengan rumus:

  • Mengecek harga pasar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menentukan harga jual juga harus menyesuaikan dengan harga pasar. Untuk harga kue sendiri, banyak yang memiliki rentang harga cukup jauh karena faktor bahan yang digunakan. Sebab, bahan baku pembuatan kue juga sangat beragam jenisnya.

Inilah pentingnya Anda menentukan target pasar sebelum memproduksi. Jika Anda ingin menargetkan kelas menengah, maka tentunya Anda harus menggunakan bahan dengan kualitas cukup baik. Dengan begitu, harga jual masih cukup terjangkau dan tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Jika Anda memang menargetkan kalangan atas, maka Anda juga harus menggunakan bahan baku dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, Anda bisa menjual produk dengan harga yang lebih tinggi.

Tidak sulit kan menentukan harga jual produk? Semoga dengan informasi di atas, Anda bisa menentukan harga jual yang sesuai dengan produk Anda, ya!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *